Pedoman Penanganan Pengaduan tertera pada Peratuan Mahkamah Agung No. 9 Tahun 2016 dan dapat diunduh klik disini.
Pengadilan Negeri Sukabumi dalam melaksanakan kegiatan pelayanan publik, disadari atau tidak kadang kala tidak dapat memenuhi harapan masyarakat, khususnya para pencari keadilan, sehingga dapat menimbulkan ketidakpuasan dan keluhan dari masyarakat. Keluhan tersebut dapat diajukan ke Pengadilan Negeri Sukabumi dan akan diupayakan sehingga dapat memberikan solusi yang terbaik.
Cara menyampaikan pengaduan ke Pengadilan Negeri Sukabumi
A. Secara lisan
- Melalui Telepon (0266) 222850 pada saat jam kerja mulai pukul 08.00 s/d 16.30 WIB.
- Datang langsung ke kantor Pengadilan Negeri Sukabumi.
B. Secara tertulis
- Menyampaikan surat resmi yang ditujukan kepada pimpinan dalam hal ini Ketua Pengadilan Negeri Sukabumi, dengan cara diantar langsung, dikirim melalui Fax. (0266) 221074, atau melalui pos ke alamat kantor di Jl. Bhayangkara No. 105 Sukabumi 43123. Melalui e-mail di pn_sukabumi@yahoo.co.id.
- Pengaduan secara tertulis wajib dilengkapi fotokopi identitas dan dokumen pendukung lainnya seperti dokumen lainnya yang berkaitan dengan pengaduan yang akan disampaikan.
Penerimaan Pengaduan oleh Pengadilan Negeri Sukabumi
- Pengadilan Negeri Sukabumi akan menerima setiap pengaduan yang diajukan oleh masyarakat baik secara lisan maupun tertulis.
- Pengadilan Negeri Sukabumi akan memberikan penjelasan mengenai kebijakan dan prosedur penyelesaian pengaduan pada saat masyarakat mengajukan pengaduan.
- Pengadilan Negeri Sukabumi akan memberikan tanda terima, jika pengaduan diajukan secara tertulis.
- Pengadilan Negeri Sukabumi hanya akan menindaklanjuti pengaduan yang mencantumkan identitas pelapor.